--> 10 fakta unik coklat yang enak banget | Zahrul Share

Wednesday, March 6, 2019

10 fakta unik coklat yang enak banget

| Wednesday, March 6, 2019
10 fakta unik coklat yang enak banget

Via.pixabay

Sebut saja dia coklat, hitam,manis, dan bikin kangen. Kalau ketemu bawaannya senyum terus, ada aura happy-happy yang bikin ini tenggorokan nelen ludah melulu. Nggak bisa nahan-nahan lagi, pokoknya

Mau… mau… mau….😍

Sebut saja dia coklat si ajaib yang bisa jadi mood booster

Booster? Bukannya makhluk yang serem itu ya…?🤔
Monster😑
Bukannya yang buat masak aer itu ya, eh nasi🤔
rIce cooker😑
Ohhhh…😮

Pokoknya sebut saja dia coklat, bukan bakat apalagi sikat. Berisi tentang manisnya cinta dan kesukaan kaum wanita.
Dan dalam artikel kali ini juga tak lupa saya selipkan doa semoga kelak ada dia yang kasih saya coklat spesial😁😊.

Amin kanlah sobat

So hajimemashou💃


1. SEJARAH SINGKAT

Via.pixabay

Coklat, dulunya saya kira buah coklat alias cacao ini isinya bener-bener coklat. Nggak tahunya pas pertama kali buka
Heh, kok, lah kok,… ternyata harapan tak sesuai kenyataan.

Saya telah tertipu dora sobat semua😩

Coklat sendiri diperkirakan pertama kali dikonsumsi di Mesoamerika oleh suku olmec lebih dari 4000 tahun yang lalu. Dulu mereka menyebut pohon coklat sebagai kakawa dan mengkonsuminya dengan cara diminum. Sedangkan suku aztex menyebut coklat dengan xocolatl yang berarti “minuman pahit”

Coklat ini punya sejarah yang panjang banget kalau mau membahasnya secara tuntas.  Selain untuk dikonsumsi, beberapa suku, seperti suku aztex dan maya pernah menjadikan biji coklat sebagai mata uang. Bahkan suku maya pernah menjadikan coklat sebagai salah satu dewa mereka, dimana bentuknya selalu diukir pada sebuah mangkuk pada upacara keaggamaan.

Coklat pun mulai terkenal ketika memasuki daratan eropa, harganya dulu juga lumayan mahal dan biasanya hanya dikonsumsi oleh kaum bangsawan. Seiring berkembangnya teknologi dan kemajuan zaman coklat mulai diramu dengan cara modern, tak hanya diminum tapi juga bisa dimakan dalam bentu batangan atau campuran bahan kue dan harganya pun bisa turun untuk bisa dikonsumsi masyarakat luas.

2. CHOCOHOLIC?

Via.pexels

coklat juga bisa bikin kecanduan lho.
Jadi…
siapa di sini yang jadi pecandu coklat? Siapa yang kalau lihat coklat jadi nggak bisa berhenti makan dan nggak mau bagi-bagi sama yang lain

Pelit banget dah....😤

Seseorang yang menyukai coklat secara berlebih biasa disebut dengan chocoholic.
Sebenarnya dinamakan kecanduan apabila seseorang tidak bisa mengendalikan diri atau hilang kontrol terhadap objek yang diinginkan walaupun tahu kalau objek tersebut bisa berdampak buruk pada tubuh. Seorang chocoholic tidak separah itu, zat adiktif yang terdapat pada coklat jumlahnya sangat kecil jadi tidak menimbulkan kecanduaan secara berlebih, bisa jadi hanya menggemari segala makanan yang mengandung coklat,

Susu coklat, kue coklat,dan lain-lain.

Hanya perlu diingat jika konsumsi coklat berlebih apalagi dengan kandungan gula yang tinggi, maka sobat juga patut waspada ya.

Waspadalah…waspadaalah
Ingatlah bahwa yang berlebihan selalu nggak baik, cinta aja nggak boleh berlebihan apalagi makan.

3. BIKIN BAHAGIA

Via.pixabay

sebagai makanan yang manis, semanis senyum kamu
Eaa….😄

Rasanya wajar dan sudah nggak asing kalau coklat memang dipercaya jadi mood booster pas lagi galau. Beberapa kandungan dalam coklat sepertI phenylethylamine, tryptophan, dan serotonin memang dipercaya bisa menimbulkan perasaan senang pada diri seseorang.

Phenylethylamine sendiri merupakan kandungan makanan yang dapat mendorong tubuh untuk memproduksi zat endorfin, zat yang bisa memicu perasaan bahagia,bahkan phenylethylamine ini terkadaang disebut sebagai “obat cinta" karena bisa menimbulkan perasaan bahagia seperti orang yang jatuh cinta.

Dag…dig... dug hatiku….

4. UNTUK KESEHATAN

Via.pixabay

selama ini saya dan sebagian orang pasti berpikir kalau coklat itu Cuma bikin gendut dan nggak ada manfaat kesehatannya,

eitsss, buang jauh-jauh pikiran itu. Coklat ternyata punya banyak manfaat buat kesehatan juga lho, selain bisa menghilangkan stress dan jadi mood booster kandungan flavonoid pada coklat juga bagus untuk antioksidan, sudah pasti mencegah penuaan dong. Coklat juga dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi peradangan, dan bagi yang punya tekanan darah tinggi coklat bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh stress.

Sayangnya sekarang ini coklat yang beredar di pasaran sudah bercampur dengan beragam  bahan lain,  jadi manfatnya tidak akan terlalu besar, coklat yang benar-benar memberikan manfaat seperti di atas adalah dark coklat. 

Rasa dark coklat ini katanya pahit sih, karena belum pernah coba saya juga nggak tahu hi... hi…
atau mau langsung dari pohonnya…?
Sini.. Sini... Mampir aja…. Ke kebun coklat.

5. GRATIS SEUMUR HIDUP

Via.pixabay

Dapat coklat gratis seumur hidup
Wowo… pengen…
Tapi gimana caranya?

Beberapa orang di dunia ini ada yang beruntung banget lho karena bisa dapat coklat gratis seumur hidup mereka, seperti seorang penemu kue coklat chip yang berhasil menjual resepnya ke pihak nestle toll house dan sebagai bayarannya itu ia akan mendapatkan coklat gratis seumur hidupnya. Woo..

Atau ada juga kisah sedih dari seorang tentara korea utara yang dijanjikan akan mendapat coklat gratis seumur hidup dari choco pie karena ia ditembak oleh tentara korea utara saat menyebrang ke korea selatan.

6. PENGHASIL TERBESAR

Via.pexels

Mendengar kata Afrika kita pasti berpikir afrika adalah negara miskin, tapi tahukah sobat bahwa sebuah wilayah kecil di daerah afrika barat, yakni pantai gading merupakan wilayah penghasil biji kakao terbanyak di dunia. wilayah ini bisa  menghasilkn sampai 1,4 juta  juta ton biji kakao pertahunnya, yang berarti bisa mencukupi kebutuhan coklat dunia  hampir sebanyak 40 persen, bahkan perusahaan coklat terkenal seperti nestle dan cadbury menerima pasokan coklat dari pantai gading lho.
Peringkat selanjutnya Disusul oleh Ghana sebanyak 873 ribu ton pertahun, dan Indonesia…

Jeng… jeng… jeng...🎶🎶🎶

Ada di peringkat ke tiga dengan 740 ribu ton lebih biji kakao pertahun
Kita harus bangga nih, karena sejak pertama kali ditanam pada tahun 1980 an lalu produksi coklat di indonesia terus mengalami peningkatan. Berdoa saja semoga kelak masyarakat indonesia bisa lebih sejahtera dengan mengandalkan kakao jugaa ya..
Amien…

7. TINGKAT KONSUMSI

Via.pexels

Coklat kan memang punya banyak penggemar ya, selebriti mah kalah semua.

Di swiss sana setiap orang bisa menghabiskan 9 kg coklat pertahunnya, Amerika 5,3 kg pertahun, dan inggris 8,4 kg pertahun. Sedangkan di indonesia sendiri tingkat konsumsi coklat masih dianggap rendah karena masyarakat berpikir harga coklat itu lumayan mahal, padahal indonesia masuk 10 besar negara penghasil biji coklat terbesar lho.

kalau saya…
Kayaknya setengah kilo aja nggak ada deh
Kalau sobat?

8. NO KASIH KUCING

Via.pixabay

Mungkin kita sering ya lagi makan terus si meong duduk di bawah sambil ngelihatin kita dengan mata memelasnya, mata yang bikin kita nggaak tega trus rela mendua.

Wkwk…. Menduakan makanannya maksudnya, suudzon aja deh.

Tapi jangan sampai hal serupa terjadi saat kita lagi ngemil coklat
Why…?

Because…  Coklat ternyata bisa jadi racun untuk binatang peliharaanmu lho sob, kucing dan anjing merupakan binatang yang tidak bisa mengkonsumsi coklat, kandungan theobromine pada coklat tidak dapat dicerna oleh kucing dan anjing, kandungan tersebut akan berada  di dalam tubuh mereka selama 20 jam yang bisa mengakibatkan tekanan darah naik, muntah-muntah, dehidrasi, sakit perut, kejang-kejang,dan sampai meninggal.

Jadi jangan karena merasa sayang trus kasih coklat ke mereka pas hari valentine ya, mending kasih saya aja deh, nggak bahaya dan nggak ada yang marahin kok
wkwk ngomong opo sih ini.


9. COKLAT PUTIH

Via.pexels

warnanya putih tapi kok disebutnya coklat…
Pasti sobat pernah kan makan coklat putih. Tapi tahu nggak gimana bisa disebut coklat?🤔

Jadi, coklat putih sebenarnya tidak benar-benar mengandung coklat. Bahan dasar pembuatan coklat putih adalah mentega kakao, padatan gula dan susu, namun karena terdapat bahan mentega kakao yang merupakan produk turunan coklat, coklat putih ini tetap masuk dalam kategori coklat.

10. COKLAT RAKSASA

Via.pexels

pada 7 oktober 2011 lalu thorntons plc di alfreton, inggris berhasil membuat rekor baru dalam membuat coklat batangan terbesar lho sob. Nggak tanggung-tanggung coklat tersebut  beratnya sampai 5.792 kg dengan panjang 4 meter.

Masya allah, subhana allah….. itu coklat😱….. wah…. Bisa buat pesta warga 7 kecamatan nih atau buat nembak doi, mungkin langsung diterima diajakin akad langsung malahan, atau karena aku egois dimakan aja sendiri wkwk….


sebut saja dia coklat yang dari 4000 tahun silam sampai sekarang tetap  bisa bikin orang terpikat. Keren ya sob, coklat ternyata punya sejarah yang unik punya. Dari generasi ke generasi, sampai jadi mata uang segala, sayang banget sekarang udah nggak bisa padahal di depan rumah saya ada pohon coklat lho, ha…ha…. Kan asyik kalau punya pohon uang😆.


Akhirnya kelar juga, setelah sekian lama, melewati fase malas, capek dan sakit mendadak. Rasanya lega bisa menyelesaikan cerita singkat si coklat ini lebih lega lagi kalau bisa makan coklat sama kamu. Wkwk… 😂😂

Oh... See you...🖐

Related Posts

No comments:

Post a Comment