--> Sudah tahu 10 fakta unik permen karet ini? | Zahrul Share

Tuesday, February 12, 2019

Sudah tahu 10 fakta unik permen karet ini?

| Tuesday, February 12, 2019
Sudah tahu 10 fakta unik permen karet ini?

Via.pexels

Bicara soal permen karet saya mau mengakui sesuatu yang agak memilukan atau mungkin memalukan🤔, Ah nggak juga.
Jadi, saya ini belajar niup permen karet sejak kelas 1 sd kayaknya sampai sekarang kalau ada permen karet saya pasti masih suka melakukannya, tapi kenapa nggak pernah behasil? Bagi saya meniup permen karet adalah hal yang teramat sulit....
Bikin sebel dan geregetan....
Tapi bikin hidup penasaran juga.
Siapa sih yang bikin permen karet?

Yuk kepoin...

1. SEJARAHNYA

Via.pixabay

Sejarah permen karet, masih jadi misteri sampai sekarang, masih agak nggak jelas sejak kapan adanya kebiasaan manusia menguyah permen karet dimulai. 

Namun beberapa bukti sejarah menunjukan bahwa permen karet sudah ada sejak kalian semua yang sekarang ini masih hidup, masih suka main game, internetan daripada ngerjain pr, masih suka ngemil dari pada olahraga...
Masih suka jaim.. Stalking
Eh..😶

Bukti terlama ditemukan pada tahun 1993 di Swedia berupa tiga gumpalan uang berisi pemanis madu yang diperkirakan berusia 9000 tahun. Terlepas dari bukti-bukti tersebut masyarakat Yunani kuno memang gemar menkonsumsi permen karet. waktu itu yang disebut permen karet adalah damar yang didapat dari getah pohon mastic atau pohon-pohon lain. Tak hanya di Yunani kuno di Amerika utara, Amerika tengah, bahkan Eropa juga punya kebiasaan yang sama. Itu sebabnya permen karet jadi salah satu permen tertua di dunia.

2. AWAL DIJUALNYA

Via.pixabay

John curtis adalah orang pertama yang membuat bisnis dari permen karet. Pada tahun 1848 John membuat permen karet dari damar cemara yang dididihkan di dalam panci. Permen karet tersebut dijual dari rumah ke rumah dan menjadi cukup terkenal. Namun bisnis tersebut terkendala karena banyaknya pesaing yang muncul dan tingginya permintaan pohon cemara untuk pembuatan kertas, akhirnya John mengganti damar cemara dengan malam atau parafin yang diberi rasa manis (kayak kamu🤗)  dan dikemas dengan bungkus yang cerah.

Tapi tuan John curtis ini nggak pernah mematenkan bisnisnya. Jadi pada tahun 1869 seorang dokter gigi bernama william f.semple membuat hak paten atas permen karet yang dibuatnya dari bahan getah karet.

3. BANYAK TOKOHNYA

Walaupun terdengar sepele, tapi dalam sejarahnya permen karet juga melibatkan banyak orang dalam evolusinya
(Udah kayak manusia purba aja).

Selain John curtis dan William f semple ada banyak lagi nama-nama lainnya seperti,

Thomas adam, orang yang menjual permen karet secara bebas di pasaran dan disebut sebagai penemu permen karet. 

william j. white, orang yang menambahkan rasa menthol dalam permen karet

Frank fleer dan Walter diemer yang membuat permen karet dengan jenis buble gum.

4. BEKAL PERANG DUNIA

Via.pixabay

Jangan salah persepsi, permen karet banyak banget manfaatnya lho, bahkan sampai dijadikann perlengkapan wajib dalam perang dunia satu dan kedua. Pada masa itu setiap tentara bisa menghabiskan sekitar 3000 permen karet pertahun.
Lah, emang nya bisa buat senjata?

Jurus gelembung permen karet
Dor...dor...dor..

Ya nggak lah...
Tapi permen karet ini dipercaya bisa menenangkan saraf dan pikiran, menghilangkan rasa haus, dan mengurangi tekanan pada gendang telingga. Ada kejadian yang unik pula, ketika Jenderal Douglas macartur menuliskan janjinya "i shall return" pada permen karet yang ia jatuhkan ke filifina yang tengah dijajah oleh jepang.

Bahkan katanya permen karet bisa bikin pinter selama 20 menit (yang terakhir aneh, tapi banyak banget yang bilang)

Wkwk...  Maksudnya karena menguyah permen karet diyakini bisa mengurangi stress dan meningkatkan konsentrasi makanya bisa menyerap pelajaran lebih baik.
Bahkan hal ini pernah diteliliti oleh seorang peneliti dari Amerika serikat bernama Craig johnston.

Tapi permen karet yang nggak banyak gulanya ya...

5. BUBLE GUM

Via.pixabay

Walter diemer, sosok yang sudah saya sebutkan diatas. Dialah orang yang sudah berhasil membuat permen karet yang bisa ditiup semua orang (saya nggak termasuk😞)
Walter diemer adalah seorang akuntan dari fleer chewing gum company.

Sebenarnya resep ini sudah pernah dibuat oleh frank fleer dengan nama "blibber blubber"  tapi karena terlalu lengket pada tahun 1928 Walter diemer pun menyempurnakan resep tersebut dan terciptalah permen karet modern buble gum...

Dan tahu nggak dulu itu banyak banget permen karet warna pink, bahkan sampai sekarang. Karena ternyata saat membuat permen karet walter diemer hanya menemukan warna pink yang tersisa di pabrik.

6. BANYAK JENISNYA

Via.pixabay

nggak cuma bubble gum, ada banyak jenis permen karet lain lho, seperti, sugarfree gum (permen karet dengan pemanis buatan,  gum balls/screwballs (yang berbentuk seperti bola), center filled gum, ada juga permen karet yang berfungsi sebagai penghantar obat.

Permen karet pengantar jodoh ada nggak
Minta satu dong
Wkwk😂

7. NEMPEL DI USUS

Via.pixabay

Pasti ada yang pernah mendengar kalau sampai permen karet tertelan saat dikunyah, bisa jadi permen karet tersebut tidak akan bisa dicerna tubuh dan menempel di usus selama 7 tahun
Wadow... Mitos apa fakta nih.🤔

Jawabannya mitos.
Permen karet memang memiliki sifat yang lengket tapi begitu masuk ke dalam sistem pencernaan permen karet justru menjani lunak. Jadi gula, perasa, pengawet, kalori, dll akan bisa dicerna oleh tubuh, dan akan keluar dari sistem pencernaan sehari atau 2 hari setelah dikonsumsi.

Tapi kalau nelen permen karetnya sampai 20 bungkus...
Wah... Bahaya itu.

8. SISI NEGATIF

Via.pixabay

Walaupun permen karet punya banyak manfaat, makanan kenyal ini juga punya sisi negatifnya. 
Terlalu lama menguyah permen karet bisa bikin sobat kena gangguan rahang seperti TMJ, bukan STMJ ya.

tMJ atau temporomandibular yaitu rasa kaku di rahang yang membuat rahang sakit pas digerakkan. 

Saya pernah ngerasain ini gara-gara apa nggak tahu juga, pokoknya pagi-pagi mulut nggak bisa dibuka, sampe makan aja jadi males karena sendoknya nggak bisa masuk.

Selain TMJ nguyah permen karet kelamaan bisa bikin kelebihan udara dalam perut. Endingnya sobat bakal kembung atau sendawa terus-menerus.
Belum lagi kalau permen karetnya yang banyak gulanya. Alamat gigi rusak deh

Jadi jangan berlebihan ye...

9. POPULER

Via.pixabay

Permen karet ini populer banget dari pertengahan abad 20 sampai 2009. Sayangnya kepopuleran permen karet ini turun 11% sejak tahun 2009-2013. Hal ini karena permen karet dianggap sebagai produk makanan yang nggak higienis (siapa coba yang pernah jadi pelaku kriminal permen karet? Tempel di bawah meja, di bawah kursi, di atas kursi buat ngerjain temen). Selain itu juga karena gagalnya pemasaran.

10. NEGARA ANTI PERMEN KARET

Via.pixabay

Cari aman saja kalau pergi ke negara ini, jangan sampai sobat ketahuan menguyah dan membuang sisa permen karet ke sembarang tempat ya, karena dendanya itu lho... Bisa bikin sobat gagal liburan.

Negara manakah itu?

Mungkin udah ada yang tahu...
Singapura, sejak tahun 1992 membuat larangan bagi warga negaranya untuk tidak menguyah permen karet. Hal ini karena kebiasaan buruk warganya yang suka membuang sisa permen karet di sembarang tempat, menempelnya di kursi, lantai, tangga, tombol lift, dll.
Jika ada yang berani melanggar aturan ini maka siap-siap aja 1000 dolar singapura atau 9'7 juta rupiah terbang dari dompetmu.

Jadi ingat ya, jangan bawa permen karet ke sana.


Ngenes banget, niup permen karet aja nggak bisa😞
Ckckck...
Apa kata dunia?

Kira-kira ada yang bernasib kayak saya nggak? Atau ada nggak yang pernah ke singapura dan melanggar peraturan negaranya? Atau adakah yang pernah nelen permen karet 20 bungkus dan baek-baek ae?
Bagi cerita di komen ya

See you....

Related Posts

No comments:

Post a Comment