--> Yuk intip, 8 fakta unik make up ini | Zahrul Share

Saturday, June 15, 2019

Yuk intip, 8 fakta unik make up ini

| Saturday, June 15, 2019
Yuk intip, 8 fakta unik make up ini

Via.pixabay

(Setelah lama bertapa dalam pabrik, dan hanya tahu 3 hal, makan, kerja, dan tidur
Akhirnya... Saya bisa menyelesaikan tulisan ini... Hua... Terharu, 😭😭)

Dan topiknya adalah...

Seriusan mau bahas make up?😲

Iya

Emang bisa make up an?😲

Nak cumak lipenan ae yo iso, srat sret srat sret abang lambene😌

Tepok jidat

Ha... ha… rasanya agak gimana gitu karena nggak paham dunia make up tapi mau bahas make up.

Ya itung-itung belajar teori dulu kali ya.

Prakteknya entar pas mau akad.

(Bila nanti saatnya tlah tiba🎶🎶....)

Bisa dibilang make up sudah jadi sesuatu yang wajib bagi sebagian orang, nggak Cuma cewek tapi bagi cowok juga. Nggak pede kalau keluar tanpa pakai foundation atau lipstik, berasa muka pucet kek orang habis sakit.

Bahkan dunia make up sekarang udah makin maju, udah kayak sihir yang bisa ngerubah muka orang jadi mangklingi.

Tapi kalau Cuma make tanpa tahu sejarahnya, nggak bnget deh,,,,

Sebagai kaum milenial yang cerdas, baik hati, dan rajin menabung, ada baiknya kita telusuri sejarah make up ini

Jadi telusur punya telusur….🕵

1. SEJARAH MAKE UP

Via.pixabay

Make up sebenernya bukan sesuatu yang muncul di era modern, make up ini sudah ada sejak lamaaaaa banget, sekitar 5000 tahun lalu. Dan Mesir lagi lagi menjadi negara pertama yang membuat sejarah make up. kenal ratu Cleopatra kan?

Enggak, orang lahirnya aja beda abad.

😑Nggak perlu kenal pokoknya tahu aja,  bukan tempe juga.

Pada masa itu ratu Cleopatra sering menggunakan eyeliner untuk mengurangi silau, mencegah infeksi mata dan tentunya supaya kelihatan makin cantik. Tidak hanya mesir para wanita Yunani pun juga menggunakan make up , dimana make up pada masa itu menunjukan status sosial seseorang, biasanya para wanita dari kalangan bangsawanlah yang menggunakan make up dalam keseharianya.

2. KECANTIKAN PARA GEISHA

Via.pixabay

Kalau bahas make up jadi ingat dengan para geisha di Jepang yang make upnya punya ciri khas warna kulit yang putiihhhhh banget. Pada tahu semua kan, itu lho wanita-wanita cantik yang make upnya putiiihhh baanget (diulang lagi).

Jadi ternyata kulit putih yang mereka dapatkan itu berasal dari kotoran burung bul-bul lho.

Iya kotoran… mereka pakai kotoran burung itu sebagai bedaknya.

Iya lah dioles di muka masak di tumit

Tapi tentu saja nggak asal pakai ya, ya kalee....

Kotoran burung bul-bul ini dipercaya bisa bikin wajah awet muda karena kemampuannya mencegah kerutan dan penuaan.
hemmm.. ada yang mau coba?

Ingat! burung bul-bul bukan ayam yak....


3. PERUSAHAAN BESAR

Via.pixabay

 Karena semakin majunya dunia make up sudah jelas hal itu juga berpengaruh pada industri kosmetik. Saat ini perusahaan yang memproduksi produk kecantikan  termasuk ke dalam sepuluh perusahaan terbesar dunia. Apalagi di era modern in semakin banyaknya jenis make up dan kosmetik baru membuat para pecinta make up nggak segan buat merogoh kocek lebih dalam asal bisa tampil sempurna.

4. BEAUTY IS PAIN

Via.pixabay

Ada istilah yang bilang, cantik itu sakit, ada yang setuju ada juga yang enggak.

Tapi zaman dulu, istilah tersebut bisa jadi benar. Banyak wanita di masa lalu rela mengabaikan kesehatan hanya demi tampil cantik.
Seperti, menggunanakn lintah untuk membuat kulit menjadi lebih putih
Bayangin sob, ngeri banget kan.😖

5. LIPSTIK

Via.pixabay

Tanpa lipstik make up mu nggak bakal sempurna, sama seperti hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga, atau bagai sayur tanpa garam.

Ahhh… kebanyakan bagai nih
Saking cintanya para cewek sama lipstik, hal ini membuat penjualan produk pemerah bibir ini meroket terus tiap tahunnya. Bahkan bisa sampai 900 juta lipstik terjual pertahunnya.😱

Wah…. Luar biasa ya sob,
Pakai lipstik udah kayak makan nasi aja.

6. KISAH SI LIPSTIK😂

Via.pixabay

Meskipun lipstik sekarang sudah merajalela (kek penyakit aja) dan hampir  nggak pernah lupa dibawa ke mana-mana tapi dulu lipstik juga pernah dilarang dipakai lho.

Larangan penggunaan lipstik ini dikarenakan pada masa kerajaan Yunani kuno lipstik dianggap sebagai simbol prostitusi. Pada masa itu hanya para PSK yang selalu menggunakan lipstik.  Tak hanya pada masa yunani kuno pada tahun 1650 di Inggris juga hampir dibuat undang-undang larangan penggunaan lipstik yang dianggap sebagai,

“The vice of painting” artinya lukisan yang buruk.

Di Amerika serikat pun tepatnya di kansas pada tahun 1915, wanita yang umurnya di bawah 44 tahun juga dilarang pakai lipstik dengan alasan lipstik hanya membuat penampilan wanita menjadi “penuh kepalsuan”

Setujukah sobat kalau lipsttik nggak boleh dipakai?

Krik… krik….

Sepi banget

Meski begitu ada seorang wanita yang cinta banget sama lipstik, wanita itu adalah aktris cantik Elizabeth taylor, saking cintanya ia pada lipstik dalam sebuah filmnya satu-satunya wanita yang boleh pakai lipstik merah hanya Elizabeth taylor yang lainnya nggak boleh pakai lipstik.

7. KISAH SI BEDAK😂😂

Via.pixabay

Bedak zaman dulu dan sekarang memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Pada mulanya bedak digunakan  untuk menjauhkan diri dari roh-roh jahat dengan membalurknnya ke seluruh tubuh. Namun hal itu berubah seiring berkembanngya zaman, bedak menjadi semakin populer ketika ratu Cleopatra menggunakannya untuk membuat wajahnya tampak lebih bersih. Setiap negara juga punya cara sendiri untuk meramu bedak.

Seperti Mesir yang menggunakan campuran kapur dan tanah liat, Sumeria yang menggunakan bunga ochre, Jepang dan China yang menggunakan tepung beras.

Sampai-sampai nih penggunaan tepung beras yaang berlebihan untuk bahan baku bedak membuat beras jadi bahan yang langka dan mahal.  Namun hal tersebut tidak membuat paa bangsawan berhenti memakai bedak, bahkan bedak semakin populer di Inggris, Spanyol dan Prancis.
Kepopuleran bedak ini menurun pada abad ke-18 setelah para pemimpin negara melarangnya sebagai upaya penghematan beras dan terigu, ratu victoria juga sempat melarangnya karena bedak dianggap sesuatu yang vulgar dan hanya dipakai oleh para pelacur.

8.KISAH SI MASKARA DAN EYESHADOW😂

Via.pixabay

Maskara dan eyeshadow juga jadi bagian dari make up yang nggak boleh ketinggalan. Maskara pertama kali dibuat oleh orang Mesir kuno pada 400 SM dengan mencampurkan kotoran buaya, madu, dan air lalu menggunakan tulang atau gading sebagai aplikatornya (eh, agak serem ya....) Maskara ini pun tak hanya dipakai oleh kaum wanita tapi juga oleh pria karena mereka percaya bahwa maskara memiliki fungsi perlindungan secara spiritual. Dan lagi zaman dulu maskara dan eyeliner itu nggak ada masa kadaluarsanya sob, jadi  mau dipakai sampai 20 tahun pun, atau bahkan dijadikan warisan buat anak, cucu, cicit, dll ngak apa-apa sasal  kamunya nggak jijik.


Cukup sekian dan terima kasih...
Eits... Pidato kali.

Apapun itu, mau maskara, ayeshadow, foundation, dan kawan-kawannya.
Memang warbyasah👍. Benar-benar membantu para wanita untuk jadi lebih percaya diri.
Kayaknya habis ini saya harus belajar make up deh, nggak cumak lipenan tok.
Siapa tahu entar si gebet bisa kecantol.
Hi..hi...😁
(Si gebet?)
Gebatan maksudnya.



See you....

Eh lali aku.... Minal aidzin wal faidzin sobat🙏🙏  semua, semoga lebaran tahun ini membawa banyak berkah bagi kita dan semoga diberi kesempatan untuk merayakan lebaran lagi tahun depan.
Amien....

See you....👋👋👋

Related Posts

No comments:

Post a Comment