--> 10 fakta unik keindahan kupu-kupu | Zahrul Share

Sunday, January 27, 2019

10 fakta unik keindahan kupu-kupu

| Sunday, January 27, 2019
10 fakta unik keindahan kupu-kupu

Via.pixabay

Cantik, begitu kata yang tepat saat teringat kupu-kupu. Binatang dengan sayapnya yang indah ini seringkali membuat saya berkata wow, sambil buka mulut saking kagumnya. Walaupun saya takut pake banget sama bentuknya sebelum jadi kupu, saya tetep menyukai si kupu ini. Apalagi kalau jumlahnya banyak, saya bisa kegirangan banget.

Nggak cuma saya pasti sobat semua juga mengakui keindahan kupu-kupu ini kan. Kecuali sobat punya fobia sama kupu.

Indah dan rapuh, begitu juga gambaran kupu-kupu, ia memberi kita banyak pelajaran.

Bahwa hidup harus berjuang untuk bisa jadi indah dan mengaggumkan, bahwa tak ada yang namanya kesempurnaan, walau sehebat apapun kamu, seindah apapun kupu-kupu, kamu tetap punya kekurangan, ia sangat rapuh...

(Wah... Tumben saya agak beneran ya😃...., biasanya juga bener sih. Cuman yang ini... Bener banget👍.)

Puk jidat dong....
Eh, puk tangan👏👏

Sampai lupa mau bahas fakta uniknya kupu-kupu, eh nggak lah...
Ya udah, langsung aja. Monggo dibaca dan selamat belajar😊

1. JUMLAH YANG LUAR BIASA

Via.pixabay

Kupu-kupu merupakan serangga yang masuk dalam ordo lepidoptera, berasal dari kata "lepidos" yang berarti timbangan dan "pteron yang berarti sayap.
Ada sekitar 20.000 jenis kupu-kupu di dunia, (banyak banget kan sob)
Yang semuanya tersebar di berbagai belahan bumi. Di Indonesia sendiri ada sekitar 2500 kupu-kupu, kita harus bangga karena sebagian besar jenis kupu-kupu langka juga ada di Indonesia, seperti Ornithoptera chimaera dari Papua dan Trogonoptera brookian yang ditemukan di Kalimantan, Sumatra dan Semenanjung malaya...
Bisa dibilang Indonesia termasuk surganya pecinta kupu-kupu.

2. SETELAH LAHIR NGAPAIN?

Via.pixabay

Pasti pernah kan lihat vidio kupu-kupu yang baru keluar dari kepompongnya lalu terbang dengan gerakan indah dan memukau.
Padahal sebenarnya, ketika seekor kupu baru keluar dari kepompongnya ia tidak akan bisa langsung terbang. Hal pertama yang harus dilakukan si kupu adalah mengecek apakah mulut alias belalainya berfungsi dengan baik untuk menghisap makananya. Selain itu kupu-kupu juga harus segera memompa cairan ke vena sayapnya agar bisa mengembang, tak sampai disitu, butuh waktu yang cukup lama sampai berjam-jam supaya tubuh dan sayapnya cukup kuat dan keras untuk bisa dibawa terbang.

3. HANYA MAKAN YANG CAIR

Via.pexels

Mulut kupu-kupu berbentuk seperti belalai yang tergulung di bawah dagunya atau disebut dengan proboscis, fungsi dari belalai ini untuk menghisap makananya. Karena ternyata kupu-kupu nggak bisa makan makanan padat, seperti dedaunan, rata-rata kupu dewasa
hanya akan menghisap nektar. Tapi kupu-kupu jantan biasanya punya kebiasaan melakukan puddling, yaitu menghisap butiran lumpur yang mengandung mineral dan garam. Mineral tersebut akan diberikan pada si betina saat kawin untuk kesehatan telur-telurnya nanti.
Tapi lagi, ada juga kupu-kupu yang nggak suka sama makanan manis sejenis nektar. Kupu-kupu seperti red admiral malah lebih suka makan buah busuk dan kotoran hewan....

4. SAYAPNYA TRANSPARAN LHO

Via.pixabay

Yang paling indah dari kupu-kupu adalah warna sayapnya yang warna-warni dan motifnya yang keren banget. Tapi warna sayap kupu yang asli adalah transparan lho. Sayap kupu terbentuk dari lapisan chitin yang dipenuhi oleh sisik-sisik halus yang akan memantulkan warna yang berbeda jika terkena cahaya. Semakin tua kupu makan lapisan chitin ini akan semakin terlihat.
Warna kupu yang berbeda juga digunakan serangga ini utuk bersembunyi atau berkamuflase dari predatornya, biasanya warna sayap kupu akan menyerupai lingkungan sekitarnya, atau malah berwarna sangat mencolok, karena para predator berpikir warna mencolok adalah warna binatang beracun.

Yang bibirnya merah banget, ati...ati... Mukin dia beracun.
Wkwk...
Becanda sob, entar saya di bully lagi sawa wanita sekampung.

5. KAKU KALAU KEDINGINAN

Via.pexels

13° C adalah batas bagi kupu-kupu untuk beraktivitas, jika kupu-kupu memaksa terbang pada suhu di bawah 13°C maka sayap dan tubuhnya tidak akan bisa digerakkan, mereka tidak akan bisa kabur jika ada predator mendekat. Pada suhu seperti itu kupu-kupu harus melakukan pemanasan pada tubuhnya dan menunggu suhu kembali normal untuk bisa terbang lagi. Itu sebabnya juga kupu-kupu bisa berada di seluruh belahan dunia kecuali benua antartika ya dingginya nggak bisa bikin panas.

Eh.... Mulai lagi dia (nggak jelasnya)

6. TERBESAR DAN TERKECIL

Via.pixabay

Hidup memang harus adil ya, kalau ada yang besar ada juga yang kecil. Intinya, kupu-kupu pun juga ada yang berukuran paling besar juga paling kecil. Kupu-kupu paling besar tercatat memiliki lebar sayap hingga 25 cm yaitu kupu-kupu queen alexandra's birdwing atau ornithoptera alexandrae.

Lihat kupu-kupu ini pasti berasa lihat makhluk dunia peri ya....😲

Sementara kupu-kupu paling imut, unyu, alias paling kecil hanya berukuran sekitar 1,2 -2 cm, yaitu kupu-kupu western pygmy blue.

Uluh... uluh... Ecil banget kan, bikin emes pengen mites jadinya...😘
Eh...eh.... Kejam nian pikiranmu

Wkwk....✌

7. LIDAH DI KAKI

Via.pixabay

Tak ada lidah untuk merasakan manisnya nektar kupu-kupu justru menggunakan kakinya untuk mencicipi makanan. Kaki kupu-kupu ini merupakan reseptor yang memiliki banyak fungsi, selain untuk mencicipi makanannya juga untuk mengecek tempat paling cocok untuk bertelur dan membantu penyerbukan bunga.

Kamu, iya kamu😍
Jangan sekali-kali meniru kebiasan kupu-kupu ini ya. Cicipin makanan pakai kaki, yang ada, di tendang kakinya emak ntar😂

8. MATANYA ITU LOW

Via.pixabay

Mata kupu-kupu bisa melihat banyak warna seperti mata kita lho, bahkan mata kupu-kupu memilikit 6  sisi lensa mikroskopis yang bisa digunakan untuk melihat ke segala arah, tapi sayangnya penglihatan kupu-kupu terbatas hanya sampai 3-4 meter lebih jauh dari itu semua akan kelihatan buram.


9. KESEMPURNAAN METAMORFOSIS

Via.pixabay

 Kupu-kupu adalah salah satu serangga yang mengalamai metamorfosis sempurna dan mengaggumkan, luar biasa pokoknya. Mulai dari fase telur, ulat, kepompong, kupu-kupu, dan kembali dari awal lagi. Dari yang bikin orang merinding jijik, sampai terpesona.
Melewati fase-fase tersebut juga tidak mudah, bahkan pada fase ulat, mereka harus berganti kulit beberapa kali, juga pada fase kepompong yang harus puasa selama berada di dalam kepompongnya.
Inilah pelajaran yang bisa kita petik.

Menjadi hebat itu perlu perjuangan.

So hard
Not easy
But amazing😌

Weleh...weleh bahasamu mbak..

10. UMUR YANG SINGKAT

Via.pexels

Sayang banget dengan bentuknya yang indah saat menjadi kupu, serangga untuk hanya memiliki umur yang sebentar. Sekitar 2-4 minggu doang. Bahkan ada yang cuma beberapa hari. Dalam masa kehidupan yang singkat kupu-kupu itu kupu-kupu hanya aka mencari makan dan bertelur sebanyak mungkin, setelah itu mereka akan mati..
Hua...😭
Tapi ada juga kupu-kupu yang bisa hidup sampai berbulan-bulan seperti kupu-kupu monarchs atau mourning cloaks.



Seneng nggak sih bisa lebih kenal sama si kupu, saya seneng banget. Kadang keindahan memang lebih baik cuma untuk dilihat tanpa bisa disentuh.
Uh... Nyelekit lagi😖
Huft...
Nggak bisa pelihara kupu nggak papa deh yang penting saya masih punya kupu yang paling spesial.
Iya kupu...
Kupunya kalian yag setia mampir kesini.
Baca celotehan ganjil dari si empunya😜😜

See you....

Related Posts

No comments:

Post a Comment