--> 10 fakta unik sejarah lampu lalu lintas | Zahrul Share

Sunday, January 20, 2019

10 fakta unik sejarah lampu lalu lintas

| Sunday, January 20, 2019
10 fakta unik sejarah lampu lalu lintas

Via.pixabay

Tiap hari berangkat pulang kerja saya pasti selalu dicegat sama lampu merah ini, kadang-kadang kesel juga karena lampu merah nyalanya lebih lama dari lampu ijo, iya nggak...

Mana buru-buru lagi, perut udah laper, badan udah gerah, kebelet pipis lagi, di tambah sepanjang perjalanan hidung saya disuguhi macam-macam aroma makanan, soto, bubur,bakso, mi ayam, makin meraja lelalah cacing-cacing di perut saya.

Tapi…
Lampu yang satu ini spesial banget karena kalau nggak ada dia bisa semrawut itu jalan raya, wong ada lampu merah aja masih pada suka ngelanggar kok apalagi kalau nggak ada…
Iya nggaak….

Apalagi di zaman yang serba cepet ini, yang apa-apa inginnya di dahulukan, yang egois, yang suka ngatur..
Eh, lhadala.... Malah curhat.
(Bukan saya tapi😁)


Jadi supaya lebih tertib dalam berlalu lintas ada baikknya kita semua tahu betapa panjang dan berlikunya sejarah traffic light ini, so mari belajar dari sini….
Mue… he…he..

1. JANGAN LUPA SEJARAHNYA

Via.pixabay

Pasti pada inget sama istilah jas merah kan "jangan sekali-kali melupakan sejarah"

Nah, lampu lalu lintas juga punya sejarah unik yang panjang. Dimulai pada 1868 bulan desember tanggal 6 (kebalik urutannya...😁) lampu lalu lintas manual pertama digunakan untuk mengatur lalu lintas di great george street, bridge street, dan parliament street.

Pada waktu itu area di sekitar jembatan westminster sangat ramai, ada banyak kendaraan berkuda dan para pejalan kaki yang ingin lewat, maka dibuatlah sistem lalu lintas sederhana yang dibuat dengan sistem sama seperti signal kereta api, sistem ini diusulkan oleh seorang manager kereta api bernama John peake knight.

Lampunya pun hanya ada merah dan hijau juga tambahan semaphore. Lampu lalu lintas tersebut dipasang pada sebuah tiang yang dikendalikan secara manual oleh bapak polisi. Sayangnya lampu lalu lintas tersebut meledak pada tahun 1869 dan melukai seorang polisi yang tengah bertugas.

(Mari bersama baca al fatihah buat bapak polisi tersebut)

2.  MERAH, KUNING, HIJAU

Via.pixabay

Merah kuning hijau di langit yang biru pelukismu agung....
Eh, kebablasan....

Kenapa sih lampu lalu lintas warnanya merah, kuning dan hijau, kenapa nggak pink, ungu, sama biru aja, kan unyu-unyu.
(Lampu disko kali...)
Tambahin musik jaran goyang sekalian.
(Yang ada pada joged semua)

Ternyata ada makna dibalik warna tersebut.

Merah, warna merah diyakini memiliki gelombang cahaya yang lebih panjang dari warna lainnya jadi akan lebih kelihatan jika dari kejauhan. Namun ada juga kisah yang menyebutkan bahwa pada zaman dulu terjadi banyak sekali peperangan dan pertumpahan darah, lalu sekelompok orang mulai menentang hal tersebut dan menggunakan warna merah sebagai lambang untuk berhenti melakukan pertumpahan darah, jadi merah, stop/berhentiπŸ–

Kuning, dianggap sebagai warna api. Dimana kita harus selalu berhati-hati jika ada api, juga dilambangkan sebagai daun. warna daun yang sudah tua alias masa peralihan. Kuning ini berarti hati-hati dan waspada.

Hijau. Warna yang menenangkan bukan,warna yang melambangkan alam dan kebebasan.

Warna faforit saya juga selain pink, merah, coklat, abu-abu, ungu...
(Yang namanya faforit, perasaan cuma 1πŸ™„)

3. SEMPAT PAKAI "STOP" AND "GO"

Via.pixabay

Sejarah lampu lalu lintas terus berkembang. Pada tahun 1908  di ohio, Amerika serikat lampu lalu lintas mendapat tambahan tulisan "stop" and "go".
Tahu artinya kan, pelajaran kelas satu SD ini.
Lampu lalu lintas ini masih diatur secara manual juga oleh petugas polisi, petugas akan meniup peluit sebelum mengganti signal stop atau go. Selain di ohio sistem lalu lintas ini juga pernah digunakan di philadelphia dan detroit.

Stop and go, kok berasa nyelekit ya. Bayangkan jika dia yang kamu sayang tiba-tiba marah terus bilang " udah ah, mending kamu stop trus go aja...."

😭😭 nangis guling-guling di kandang.
Eh kok kandang.

Kandang saya emang eror.


4. TRAFFIC LIGHT LISTRIK

Via.pexels

5 agustus 1914 merupakan hari yang bersejarah karena pada hari itu the american traffic signal company mulai merancang lampu lalu lintas listrik di ohio setelah 2 tahun sebelumnya pada 1912 seorang polisi bernama lester wire juga mengembangkan sistem listrik ini.

Desain yang dirancang oleh james hoge tersebut terdiri dari warna merah dan hijau saja dan tambahan sebuah buzzer.
Tak hanya pihak kepolisian pihak pemadam kebakaran pun juga punya hak mengatur signal lalu lintas jika ada kondisi darurat

5. HADIRNYA SI KUNING

Via.pixabay

Akhirnya 6 tahun setelah lampu lalu lintas listrik mulai dipergunakan, pada tahun 1920 warna kuning menjadi tambahan wajib pada signal traffic light.
Warna kuning ini merupakan hasil ide William potts yang juga seorang polisi. Penemuan tersebut kemudian dipatenkan oleh Garett morgan pada tahun 1923 dan dijual kepada General electric.

Penambahan warna kuning ini bertujuan untuk memberikan jeda saat pergantian lampu dari merah ke hijau atau sebaliknya, karena pada zaman dahulu kala... (Lebay..)
Sebelum ada lampu kuning polisi harus meniup peluit sehingga jalan raya jadi sangat berisik.

juga supaya para pengendara tidak kaget saat lampu mendadak berubah.

6. FUNGSINYA TIMER

Via.pixabay

Ada beberapa lampu lalu lintas yang kadang disertai dengan timer juga. Ternyata fungsi pertama timer ini sebenarnya nggak diperuntukan untuk para pengendara lho sob. Tapi untuk para pejalan kaki yang mau menyebrang. Timer ini pertama kali digunakan di hamton, virginia, amerika serikat pada tahun 1996. Masih tergolong baru ya....
Tapi meski begitu masih banyak juga pengendara yang suka melanggar timer ini, di Amerika sono noh pelanggaran semacam ini menyebabkan kerugian yang sangat besar, mencapai 14 miliar dolar.

Tuh, yang suka asal terobos, bikin rugi tahu...πŸ‘†

7. TRAFFIC LIGHT UNIK

Via.pixabay

Jika kita tahunya warna lampu lalu lintas itu hanya merah, kuning, dan hijau dengan bentuk bulat-bulat tapi nggak digoreng dadakan ya....
Di beberapa negara di dunia traffic light memiliki bentuk yang antimainstream.

Seperti, traffic light di kota prague yang warna merah, kuning dan hijaunya diganti dengan bentuk orang sedang BAB, pipis, makan, tidur,dll.
Atau di bruxxeles yang warna merahnya berbentuk hati untuk melambangkan kasih sayang dan cinta pada hari valentine. (So sweet...)
Juga di berlin yang bentuknya berupa orang-orangan sawah atau zombie.

Saya masih berharap lampunya diganti ungu, pink, sama biru....
Wkwk...

8. YANG PALING TUA

Via.pexels

Yang diatas just ilustrasi ya sob....😁

Lampu lalu lintas tertua di dunia diklaim berada di ohio, Amerika serikat. Lampu lalu lintas tersebut diperkirakan sudah ada sejak tahun 1932 dan masih beroperasi sampai sekarang. Berarti umurnya...
Hampir 90 tahun ya....
Berada disana bisa membawa kita pada suasana zaman dulu, selain itu bentuknya yang seperti roket juga unik dan lucu.

9. TRAFFIC LIGHT TREE

Ditemukannya lampu lalu lintas dan perkembangannya yang sangat penting memicu seorang seniman membuat sebuah traffic light dengan bentuk unik seperti pohon.

Seniman hebat itu bernama piere vivant asal perancis, ia membuat lampu lalu lintas sebanyak 75 set yang dibangun di canary wharf, london, inggris pada tahun 1998.  Awalnya para pengendara dan masyarakat yang melihat traffic light itu pada bingung lho, karena bentuknya yang malah bikin pusing kepala barbie, mereka mengira itu traffic light sungguhan.

Keunikan dan kerumitan lampu lalu lintas tersebut pun membuat banyak wisatawan tertarik untuk melihatnya.



10. BEDA URUTAN

Via.pixabay

Udah tahu belom...
Kalau penempatan lampu pada traffic light di tiap negara itu beda-beda tergantung siatem berkendaranya.
Jika di indonesia bentuknya vertikal dengan urutan merah, kuning, dan hijau.

Beda lagi jika diletakan secara horizontal.
Pada negara dengan sistem berkendara di kiri, maka urutannya hijau, kuning ,dan merah, sebaliknya jika di kanan, merah, kuning dan, hijau.

Di langit yang biru pelukismu agung, siapa gera...
Eits... Mulai lagi.

Yah,  memang seoanjang itu sejarah lampu lalu lintas, tapi manffatnya luat bisa buat kehiduoan kita. Hal sepele yang kalau sampai hilang atau nggak pernah dibuat bisa bikin repot penduduk bumi.
Iya nggak...
(Kayaknya udah 3 kali bilang iya nggak...)

Iya nggak... (4 kali.)

See you....

Related Posts

No comments:

Post a Comment