--> 16 fakta unik kelinci yang imut banget | Zahrul Share

Monday, September 10, 2018

16 fakta unik kelinci yang imut banget

| Monday, September 10, 2018
16 fakta unik kelinci yang imut banget

Via.pixabay

pyon… pyon…
Duh...imutnya....mau peluk..😍😍😍

kelinci, binatang imut satu ini gemesin banget, persis kayak sobat-sobat semua yang saat ini lagi baca artikel ini.

Dan…. Daan saya sebenarnya bingung mau bikin pembukaan macam apa. Otak saya lagi nggak mau diajak basa-basi maunya to the point aja. Tapi hati saya merasa harus bikin pembukaan.
(Ribet banget deh..)

Dan… saya memutuskan untuk mengikuti kata hati saya.
(kebanyakan dan nih….)

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi, siang, malam sobat semua. Bicara soal kelinci, apa yang paling kalian ingat? Kalau saya pasti langsung terbayang telinga panjangya, juga matanya yang bulat, juga badannya yang imut, bulunya yang halus, duh, jadi pengen punya kelinci. Karena sayangnya saya nggak punya kelinci saya mau bagi-bagi fakta uniknya aja ya…😊😊

By the way, makan bakwan di busway. kalau inget saya kebayang apa nih....πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ
(mirisnya, nggak ada yang inget saya....)

Via.pixabay

1. Kelinci adalah binatang mamalia yang masuk dalam keluarga  Leporidae, ordo lagomorpha,  jadi bukan merupakan rodensia atau binatang pengerat. Sejauh ini ada 45 jenis kelinci yang diketahui masyarakat.  Secara umum kelinci dibagi menjadi 2 jenis, kelinci liar dan kelinci peliharaan. Berdasarkan jenis bulunya kelinci juga dibagi menjadi 2, kelinci berbulu pendek dan kelinci berbulu panjang. Berdasarkan rasnya ada kelinci angora, Lyon, American chinchilla, dutch, english spot, himalayan dan banyak lainnya yang bisa bikin sobat capek bacanya.

jadi untuk menghindari hal tak diinginkan semacam kehilangan minat baca di awal tulisan, langsung aja...
lanjootπŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰

2. Apa sih makanan kesukaan kelinci? Kebanyakan orang pasti akan menjawab wortel. Tapi faktanya makanan kesukaan kelinci bukan wortel lho ataupun kangkung. Kelinci sebenarnya lebih menyukai rumput atau hay. Selain itu mungkin kita berpikir memberi sayuran segar pada kelinci kesayangan adalah pilihan terbaik, ternyata oh ternyata kelinci lebih suka sayur dan buah yang agak layu lho.
Ada yang kepo makanan kesukaan saya nggak…..
Hue..he...😜😜

Via.pixabay

3. Makanan pokok kelinci adalah rumput dan hay. Hay bukan kata sapaan ya,

hay yang ada di sana yang ada di sini semua ikut bernyanyi🎀🎀

(Healah, kok malah kumat nyanyinya..)

hay yang dimaksud di sini adalah jerami atau rumput kering. Kelinci menkonsumsi hay ini untuk mencegah terbentuknya gulungan bulu di dalam perut mereka. Hay sendiri mengandung banyak serat yang bagus untuk binatang herbivora seperti kelinci atau sapi.

Via.pixabay

4. Ada banyak sebutan untuk kelinci. Dalam bahasa inggris penyebutan kelinci berbeda berdasarkan jenis kelaminnya. Kelinci jantan disebut buck, kelinci betina disebut doe dan kelinci anak-anak disebut litter.


5. Masuknya kelinci ke Indonesia diperkirakan terjadi pada tahun 1835 pada masa kolonial Belanda. Kata kelinci sendiri berasal dari bahasa Belanda “ konijntje” yang artinya anak kelinci. Tapi sebenarnya Indonesia juga memiliki kelincinya sendiri yang ditemukan di Sumatera pada tahun 1972 dan dikenal dengan kelinci Sumatera atau Nesolagus netscheri.

Via.pixabay

6. Aduh, sob, saya ingatkan jangan mengulangi kebiasaan mengangkat kelinci melalui telinganya ya. Ternyata hal ini berbahaya bagi kesehatan kelinci. Telinga kelinci yang panjang ini adalah tempatnya saraf dan pembuluh darah berkumpul. Jika telinganya ditarik maka beban tubuh kelinci akan betumpu di telinganya, lama-kelamaan kelinci bisa stress bahkan sakit. Nggak mau kan kelincinya sakit.
pokoknya say no to angkat kelinci dari telinganya.
Bahasa inggrisnya apa sih?
Say no to take rabbit by their ear.
Haduh, kalau ada bule baca artikel ini, isin tenan aku….πŸ™ŠπŸ™Š

7. Kelinci termasuk mamalia yang bisa berumur panjang. Jika dirawat dengan baik kelinci bisa hidup sampai usia 15 tahun.  tuh, lihat gambarnya udah bikin gemes, bikin sayang juga😍

Via.pixabay

8. Kelinci bukan binatang jorok lho. Mereka juga terbiasa membersihkan diri seperti kucing, bahkan kelinci tidak suka buang air sembarangan. Jika sudah terbiasa buang air pada satu tempat kelinci akan mengakui tempat tersebut sebagai toilet pribaddinya, wkwkwk…. Lucu tapi nyata.

9. Beruntungnya kelinci pernah menjadi binatang yang diizinkan tinggal di area gedung putih, karena presiden Abraham lincoln mengizinkan anaknya memelihara binatang itu di sana.

10.  sama halnya dengan manusia kelinci juga bisa mengalami osteoporosis lho. Tulang kelinci akan mudah keropos jika mereka hanya berdiam diri, karena itu kelinci akan bergerak minimal 4 jam perhari untuk mencegah osteoporosis.
Nah, tuh, kelinci aja bisa olahraga masak kita kalah…..
ngejogrok seharian di kamar ato depan tv pas hari libur (eh, saya banget tuhπŸ˜‘πŸ˜‘)

Via.pixabay

11. meski para binatang nggak pernah ikut lomba tapi mereka selalu dapat yang namanya rekor muri. Termasuk si kelinci ini. Dari data yang saya dapatnya (jiah… udah kayak ibu peneliti wkwkwk…. Tapi KW) kelinci dengan tubuh terpanjang di dunia memiliki panjang sekitar 31,125 inchi. Kelinci dengan lompatan tertinggi berhasil melompat setinggi 1 meter, dan lompatan terjauh kelinci yang pernah tercatat adalah 3 m.


12. saya peringatkan sob. Jangan, jangan sampai balapan makan kerupuk sama kelinci. Kenapa? karena kelinci itu kalau makan cepet banget. Mereka bisa menguyah dengan kecepatan fantastis yakni 120 kali per menit.  Selain itu mereka juga punya gigi-gigi yang tajam.
Ngomong-ngomong siapa orang nggak waras yang ngajak kelinci lomba makan kerupuk, emang kelinci doyan kerupuk….?

Via.pixabay

13. kelinci juga merupakan mamalia yang berkembang biak dengan baik. Induk kelinci bisa melahirkan rata-rata 20-40  bayi kelinci pertahun. Jadi nggak perlu khawatir bakalan punah ya….

14. anak kelinci itu hoby banget tidur lho, mereka hanya akan bangun ketika si induk membangunkan mereka untuk menyusu. Dan lamanya proses menyusu ini hanya 5 menit dalam sehari.

Via.pixabay


15. kelinci dipercaya juga bisa mengurangi stress lho karena bisa membuat suara yang mirip dengan si manis… hi… hi… kucing maksudnya.

Saya juga bisa menirukan suara kucing, tapi kok malah dikatain stress...πŸ˜•πŸ˜•

16. dan fakta penting and singkat juga, sama dengan tikus kelinci ternyata kagak bisa muntah lho.

Bicara soal kelinci bikin saya inget sama inci dan inco. Kangen banget sama mereka. Sayangnya itu bukan kelinci saya, tapi punya orang yang selalu saya lihat tiap berangkat kerja. Nama aslinya siapa juga nggak tahu, pokoknya saya panggil inci dan inco.
Haisss… cerita nggak jelas tak perlu dibagi. Intinya sampai disini perjumpaan kita, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan bosen buat mampir ke sini ya….
Saya mau pamit nonton asian games lagi. (harusnya ini diposting sejak masa itu😞)

See you……

Related Posts

No comments:

Post a Comment