--> 10 fakta unik si panas api | Zahrul Share

Tuesday, September 18, 2018

10 fakta unik si panas api

| Tuesday, September 18, 2018
10 fakta unik si panas api

Via.pixabay

panas, pasti itu yang terpikir di kepala kita saat mendengar kata api. Yah, mau gimana lagi api kan emang panas. Dan karena panasnya inilah kita bisa makan makanan kesukaan upin dan ipin
ayam goreng

betul.. betul.. betulπŸ—πŸ—πŸ—

api sendiri adalah salah satu elemen yang ada di bumi ini dan tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk masak, untuk masak, untuk masak, untuk…. Masak lagi
he... he…😁😁

ada juga api yang nggak boleh dibiarkan terus-terusan, berbahaya, dan waspadalah, waspadalah…. Ia ialah…
Api cemburu.😑
Wkwk….
Hayoo siapa yang suka terserang api cemburu ini....

Sebelum jiwa-jiwa sobat memanas karena ocehan saya, langsung aja lah kita meluncur.πŸ‚πŸ‚

Tarik nafas dulu…
Keluarlah.
Eits… keluarkanπŸ™

1. api  punya sejarah yang panjang, (mungkin tak sepanjang jalan kenangan) banyak sumber yang menerangkan api ditemukan sejak zaman purba. Kira-kira pada zaman lower paleolitik, sekitar 790.000 tahun yang lalu. Tapi dalam sebuah makalah yang diterbitkan Nature mar 2011 seorang peneliti, Roebroeks dan villa menjelaskan bahwa itu adalah sisa kebakaran pada masa itu. Penemuan api untuk keperluan manusia diperkirakan terjadi pada 200.000 – 400.000 tahun yang lalu, hal ini dibuktikan melalui situs penemuan di gua Qesem, Israel.

Via.pixabay

2. warna api bisa digunakan untuk membedakan suhunya lho. Warna api sebenarnya dibagi menjadi 4, transparan/hitam, putih, biru, dan terakhir kuning. Api berwarna transparan adalah api yang paling panas dengan suhu paling tinggi, kemudian diikuti oleh putih, biru dan kuning dengan suhu paling rendah. Ada juga api yang warnanya hijau, yaitu api yang timbul karena adanya campuran alkohol.

3. nggak cuma makhluk hidup yang perlu oksigen, api pun juga perlu udara untuk menyala. Jika kadar udara makin rendah nyala api juga akan lemah. Contohnya saat kita menyalakan kompor, api yang berada dibagian bawah pasti transparan, kemudian putih, biru dan terakhir kuning. Warna transparan tersebut timbul karena mendapatkan lebih banyak udara dari gas.

4. hanya di bumi lho. Ada api. Kenapa? Karena hanya di bumi lho ada yang namanya oksigen. Jadi kamu nggak akan menemukan api jika berkunjung ke mars, jupiter, atau bahkan pluto. (Jauh banget liburannya....)
Dan hanya kamu lho yang ada di hatiku...
Ea...πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜’


5. kalian pasti pernah dengar yanga namanya api abadi kan, yaitu api yang tidak  bisa padam, bahkan kalau diguyur air satu ember 🚿🚿(satu ember mah sedikit)
Yah, tambah 9 ember jadi total 10 ember
Kurang banyak atuh...
Oke, tambahin 5 ember jadi 15 ember.
(Kok malah tawar menawarπŸ˜•)

Banyak banget api abadi di bumi ini. Di Indonesia sendiri juga ada api abadi, yaitu api abadi Mrapen di kabupaten Grobogan, Jawa tengah. Ada sebuah legenda yang menceritakan bahwa api abadi Mrapen ini muncul ketika Sunan kalijaga yang baru mengalahkan Majapahit mencari air untuk para prajuritnya. Ia kemudian menancapkan tongkatnya ke tanah, tapi bukan air yang keluar, justru api.
di Australia tepatnya di gunung wingen juga ada api yang sudah menyala sejak ribuan tahun yang lalu, sekitar 6000 tahun lalu. Api ini bersumber dari batu bara yang ada di bawah tanah’
Tapi api abadi yang paling menakutkan itu ya Cuma satu.

Api NERAKA.πŸ”₯πŸ”₯
Belum bayangin aja udah ngeri duluan.
Amit-amit deh.πŸ˜–

Via.pixabay

6. kebakaran pasti hal paling menakutkan yang disebabkan oleh api, hampir tiap hari rasanya saya lihat berita di tv tentang kebakaran. Dan kebakaran terparah yang pernah tercatat dalam sejarah terjadi pada tahun 1666 di London, atau yang lebih di kenal dengan Great fire london. Saking dahsyatnya kebakaran ini menghanguskan hampir 80% isi kota. Namun kebakaran besar ini juga telah berhasil membunuh binatang yang membawa wabah pes yang telah merenggut 65.000 jiwa.

7. pernahkah sobat mendengar kata spontaneous human combustion (SHC),
Tik...tok...tik...tok...πŸ™ŽπŸ™ŽπŸ™ŽπŸ™Ž
Krik...krik...
mungkin pada jawab enggak (bacanya aja males banget)
SHC adalah suatu kejadian dimana tubuh manusia bisa terbakar secara tiba-tiba tanpa bersentuhan dengan api. Agak aneh dan tidak masuk akal memang, tapi peristiwa ini sudah banyak terjadi lho. SHC sendiri pertama kali diperkenalkan oleh dokter Thomas Bartholin tahun 1641. Penyebabnya belum diketahui pasti sampai sekarang, berbagai macam teori diungkapkan, seperti, listrik statis dalam tubuh penyebabnya.
Pada tahun 2010 lalu, di Galway, Irlandia seorang pria bernama Michael faherty di temukan tewas dirumahnya dengan kondisi tubuh yang sudah hangus terbakar. Meskipun ia terdapat di dekat tungku perapian namun hasil penyelidikan tidak membuktikan bahwa penyebab kebakaran berasal dari perapian tersebut. Banyak sekali kejadian seperti ini, jika penasaran bisa cari selengkapnya di internet ya. (capek juga kalau nulis panjang, entar malah kayak koran)


Via.pixabay

8. Ada great fire london, ada juga Api naga hitam (busyet, kayak makhluk fantasi dalam film) api naga hitam adalah peristiwa kebakaran terparah yang terjadi di era modern pada tahun 1987 di China dan Uni soviet. Kebakaran ini melahap lahan seluas 20 juta hektar atau hampir setara dengan pulau jawa.

Via.pixabay

9. Gimana ya rasanya jadi pengendali api? Mungkin terdengar aneh juga mengerikan. Tapi katanya seseorang bisa mengendalikan atau memanipulasi api melalui pikiran.
Hah...😱
Kemampuan tersebut disebut dengan pyrokinesis. Kata pyrokinesis sendiri mulai dikenal masyarakat tahun 1980 melalui novel karya stephen king yang berjudul firestarter.
Pyrokinesis belum benar-benar terbukti alias diragukan oleh banyak orang karena dianggap mustahil, tapi beberapa praktisi bela diri dan biksu di Tibet bisa melakukannya lho.
Sebenarnya pyrokinesis hampir mirip dengam telekinesis, yaitu kemampuan menggerakkan benda melalui pikiran.

Via.pixabay

10. Ada juga beberapa material yang tahan api atau biasa disebut fire resistan material. Biasanya digunakan untuk pakaian para pemadam kebakaran. Pakaian pemadam kebakaran itu berlapis-lapis lho bahannya supaya mereka bisa lebih tahan terhadap api. Lapisan terluar dari pakaian mereka terbuat dari nomex/kevlar yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari api, lalu moisture barrier, dan thermal barrier sebagai lapisan paling dalam untuk mencegah para pemadam merasa kepanasan.
Selain pakaian pemadam kebakaram ada juga material lain yang tahan api, seperti kain yang terbuat dari fiberglass, dam pakaian para pekerja pabrik yang terbuat dari modacrylics.


Lagi-lagi saya inget sesuatu nih, dulu waktu masih kecil saya suka main masak-masakan pakai api, ada suatu kejadian dimana bukan kayunya yang saya bakar tapi malah rambut saya yang kebakar. Untung Cuma sedikit.
Pernah juga saya hampir bakar rumah orang gegara main api di tumpukan kapuk yang buanyak banget (soalnya mau dijual). Alhasil saya dapat hadiah berupa jeweran di telinga.
Atau pas kakak saya main api pakai plastik dan tetesannya jatuh pas di tangan saya. Sampai sekarang bekasnya masih ada. Dan yang terakhir saya hampir bakar rumah sendiri, karena ketiduran dan biarin lilin melahap meja pas mati lampu.

Ini isyarat, saya nggak boleh deket sama si api. Kayaknya api sensi banget sama saya…
Oke, dah, saatnya berpisah sejenak.
Dan...
See you….

Related Posts

No comments:

Post a Comment