--> Buah Zaitun dan berbagai manfaatnya | Zahrul Share

Monday, July 8, 2019

Buah Zaitun dan berbagai manfaatnya

| Monday, July 8, 2019


Sudahkah anda kenal dengan buah yang satu ini ?. Buah Zaitun dalam bahasa inggris disebut Olives. Buah Zaitun memiliki nama latin Olea europaea. Terdapat 2 jenis zaitun berdasarkan warnanya, buah Zaitun berwarna hitam dan buah Zaitun berwarna hijau.

Zaitun dapat diolah menjadi minyak ataupun makanan kering dan makanan kaleng. Proses pengolahannya pun berbeda-beda, untuk bisa dimakan, buah ini harus diolah sedemikian rupa agar rasa pahitnya bisa hilang, lalu diberi rasa tambahan.

Buah ini pertama kali ditemukan di perbatasan Turki dengan Suriah. Lalu muai menyebar ke beberapa negara di daerah mediteranian. Tetapi ada yang menarik, pohon buah Zaitun tertua terletak di Yunani, jika kebanyakan pohon Zaitun bisa hidup selama 500 tahun, pohon yang satu ini sudah berusia 2000 tahun dan masih hidup.

Proses pengolahan buah Zaitun menjadi minyak Zaitun dengan cara yang berbeda-beda menjadikan kualitasnya juga berbeda-beda, mulai dari extra virgin oil sampai dengan pure oil. Minyak Zaitun digunakan untuk berbagai hal, mulai dari memasak, kosmetik, obat dan bahan bakar lampu.

Berbagai manfaat buah Zaitun
Setelah sedikit mengenali buah Zaitun, kita akan beranjak untuk mengetahui bagaimana manfaat buah Zaitun. Buah Zaitun mengandung berbagai nutrisi yang akan sangat bermanfaat bagi tubuh, mulai dari berbagai antioksidan, vitamin dan mineral.

1. Mencegah kanker dengan berbagai jenis
Gabungan antara antioksidan seperti fenolat dan beberapa senyawa anti kanker berupa squalene dan terpenoid akan membantu mencegah tubuh dari terserang kanker. Tercatat, buah Zaitun mampu mencegah kanker kolon, payudara dan kanker kulit.

2. Bersifat anti-inflamasi
Salah satu kandungan dalam buah Zaitun adalah monounsaturated fatty acid atau asam lemak tak jenuh tunggal, dengan jumlah yang cukup tinggi. Hal ini ternyata dapat berguna dalam mengurangi peradangan berlebihan.

3. Mengurangi rasa sakit
Buah Zaitun mengandung senyawa yang disebut oleocanthal, yang membuatnya dapat berfungsi dalam mengurangi rasa sakit. Dengan sifatnya sebagai anti-inflamasi, oleocanthal dapat bekerja layaknya ibuprofen.
Selain itu, minyak Zaitun yang dioleskan ke bagian yang sakit, akan secara alami mengurangi rasa sakit di bagian tersebut dan dapat mengobati penyakit arthritis.

4. Mencegah maag dan ulkus
Buah Zaitun merupakan buah yang bersifat antimikroba. Kandungan buah dan minyak Zaitun mampu memerangi bakteri penyebab penyakit maag. Selain itu, adanya polifenol akan melindungi tubuh dari 8 bakteri penyebab ulkus, dimana 3 dari bakteri tersebut adalah bakteri yang tahan terhadap antibiotik.

5. Baik untuk jantung
Minyak Zaitun mengandung biophenol yang akan menekan jumlah kolesterol jahat. Kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit kardiovaskular. Biophenol akan mampu mengurangi tekanan darah sekaligus mengurangi plak di arteri.
Menumpuknya plak di arteri akan menyebabkan pengerasan dinding arteri, ini merupakan hal yang berbahaya karena menyebabkan stres oksidatif dan mampu menganggu kinerja jantung.

6. Membantu pembentukan sel darah merah
Buah Zaitun merupakan salah satu buah yang bermanfaat dalam meningkatkan jumlah sel darah merah. Kandungan zat besi dalam buah inilah yang mampu mewujudkan hal tersebut. Zat besi juga mampu membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan fungsi kognitif.

7. Membantu pertumbuhan rambut
Jika anda ingin menumbuhkan rambut anda dengan lebih cepat dan hasilnya rambut lebih sehat, gunakanlah minyak Zaitun. Caranya cukup dengan melumuri rambut anda dengan minyak Zaitun, lalu gosok-gosok dan biarkan beberapa menit. Setelah itu anda bisa membilasnya. Kandungan nutrisi dalam minyak zaitun, mampu membantu proses pertumbuhan rambut.

8. Melembabkan kulit
Buah zaitun juga mempunyai manfaat untuk kulit. Minyak Zaitun terbukti mampu melembabkan kulit. Selain itu, minyak Zaitun juga mampu menangkal paparan sinar Ultra Violet (UV) yang mampu merusak kulit dan menyebabkan kulit terbakar.

9. Membantu proses diet
Ingin proses diet anda berhasil ? cobalah untuk menambahkan minyak zaitun ke dalam menu diet anda. Buah Zaitun mengandung senyawa yang dapat mengurangi rasa lapar. Hormon serotonin dalam minyak Zaitun akan membuat anda tetap kenyang dan juga membuat anda lebih rileks. 


Sekian artikel mengenai Buah Zaitun dan berbagai manfaatnya. Semoga dapat berguna dan jangan lupa untuk membagikannya ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.

Related Posts

No comments:

Post a Comment