--> 10 hal sederhana yang membuat bahagia | Zahrul Share

Friday, October 28, 2016

10 hal sederhana yang membuat bahagia

| Friday, October 28, 2016
10 hal sederhana yang membuat bahagia.

 Siapa sich yang nggak pengen bahagia, semua orang yang masih waras juga pasti berharap kehidupan yang bahagia.
Mungkin yang terbayang di pikiran kebanyakan orang tentang hidup yang bahagia adalah, pekerjaan yang bagus, gaji besar, pacar kaya, rumah mewah, wajah rupawan, dan bla-bla-bla lainnya yang dapat dilihat mata. Yach, tidak semua orang juga berpikir begitu, tapi semua yang saya sebutkan tadi pasti pernah terlintas di benak kamu. Saya pun juga pernah berpikir demikian, namanya juga manusia, itu wajar.
Tapi di balik harapan-harapan materialistik itu, masih ada beberapa kebahagian kecil yang bisa bikin hati senang.

Via.pixabay

1. Memberi dengan tulus.
Memberi itu selalu punya arti tersendiri bagi setiap orang. Ada yang memberi karena kewajiban, memberi karena paksaan, memberi karena malu. Nah, memberi dengan tulus itu yang bisa membuat kita merasa bahagia. Walau bukan hal besar, tapi rasanya sangat menyenangkan waktu bisa memberikan sesuatu pada seseorang. Misalkan memberi bantuan, atau sekedar memberi permen pada anak kecil. Terlebih jika seseorang yang kita beri itu benar-benar senang dengan pemberian kita. Bukan pamrih lho ya, tapi waktu orang itu tersenyum atau sampai melonjak-lonjak kegirangan, rasanya perasaan kita juga jadi happy, jadi adem. Memberi akan jadi hal yang sangat berharga dan menentramkan jika kita melakukannya dengan tulus.

2. Bertemu orang ramah di suatu tempat.
Pernah nggak pergi sendirian ke suatu tempat, atau menunggu teman untuk bertemu. Lalu tiba-tiba ada yang menyapa kita, entah sekedar tersenyum atau bertanya apa yang kita lakukan. Saya pernah mengalami itu, dan rasanya senang sekali. Benar lho, saya merasa dihargai. Soalnya kebanyakan orang akan memilih diam dan mengabaikan. Jadi waktu ada orang asing yang menyapa saya dengan ramah itu membuat saya senang sekaligus kagum pada mereka.

3. Melihat orang beribadah.
Beribadah itu hukumnya wajib. Tapi meski sudah dikatakan wajib, masih buayak manusia-manusia yang enggan beribadah. Padahal beribadah kan tidak makan banyak waktu. Saya senang sekali waktu mampir ke mushola di suatu tempat dan menjumpai mereka yang sedang wudhu, ternyata masih ada orang menyempatkan diri untuk sholat. Saya sering memperhatikan mereka beribadah, dan saya selalu kagum pada orang seperti itu. Di benak saya selalu terpikir kalimat, "orang itu pasti baik, hebat ya...." sebenarnya segala sesuatu yang berhubungan dengan tuhan itu memang selalu menentramkan hati, apapun itu agamanya.

4. Melihat anak-anak kecil bermain.
Masa kecil itu memang masa yang paling asyik, masa bebas malu. Apapun yang kita lakukan di masa kecil pasti tidak bisa dilupakan. Karena itu melihat anak kecil bermain bisa bikin kita tersenyum tanpa sadar, kita langsung teringat masa lalu. Dulu kita juga pernah seperti itu, lari-larian di jalan, main pengantin-pengantinan, pasar-pasaran. Rasanya kita bisa lupa masalah untuk sejenak dan kembali ke masa kecil. Mendengar mereka bercanda, seperti melihat kita di kala kecil.

5. Melihat bintang di langit malam.
Semua orang menyukai bintang. Melihat taburan bintang itu memberi perasaan bebas. Mungkin karena langit luas, kemana pun kita melihat yang kelihatan hanya bintang. Ada perasaan damai waktu berdiri di luar rumah dan mengamati bintang-bintang apalagi kalau ada bintang jatuh, saya langsung berseru "wow...."
Bukan hanya bintang saja sebenarnya, melihat pemandangan alam pun selalu membuat senang, saya akan bersyukur dan teringat pada kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan itu semua. Sekali lagi, segala sesuatu yang berhubungan dengan tuhan memang menentramkan.

6. Melihat orangtua tertawa.
Yang satu ini benar-benar paling membuat orang bahagia atau mungkin juga terharu. Tidak bisa saya jelaskan bagaimana perasaan saya kala melihat ayah dan ibu tertawa, pokoknya saya rela melakukan apa saja demi melihat mereka tertawa. Semua hal-hal nakal yang pernah saya lakukan waktu kecil muncul lagi, saya kadang merasa menyesal karena pernah mengecewakan mereka, tidak menurut apa kata mereka, jadi waktu saya memperhatikan wajah mereka tertawa, saya mau mereka seperti itu terus. Saya ingin melihat kehidupan mereka dipenuhi tawa senang, ingin melihat mereka bersenda gurau sambil minum teh, ingin saya bisa selalu berada di tengah-tengah mereka.

7. Mendapat teman baru yang baik.
Hidup itu memang harus punya teman kalau tidak mau kesepian. Sayangnya tak semua orang sesuai dengan kepribadian kita untuk jadi teman. Bukan maksudnya pilih-pilih teman, tapi kadang kita merasa tidak cocok dengan seseorang. Jadi waktu kita bertemu dengan orang asing yang baik, berteman dengan mereka, rasanya menyenangkan sekali. Seperti mendapat kepingan baru puzle. Hidup jadi lebih berwarna dan asyik.

8.berinteraksi dengan binatang.
Siapa yang punya peliharaan di rumah? Saya yakin kalian semua pasti pernah punya. Memiliki peliharaan itu memang menyenangkan, kita bisa mengajak mereka bermain dan bercanda, diajak curhat pun juga bisa. Rasanya seperti punya sahabat baik. Berdasarkan penelitian punya peliharaan itu memang bisa mengurangi stress. Tak hanya punya peliharaan, melihat binatang bermain di kebun binatang pun bisa memberikan perasaan senang, apalagi saat memberi mereka makan, wah, itu rasanya sangat sangat menyenangkan. Saya suka berada di tengah-tengah peliharaan saya, memperhatikan mereka makan dan mengajak mereka bercanda. Saya kadang suka penasaran apa yang mereka pikirkan ya....

9. Mendengar musik kesukaan.
yang satu ini, semua orang punya seleranya sendiri-sendiri. Tapi musik memang memberi pengaruh besar lho. Kalau lagi sedih, senang, atau bahkan malas kita bisa mendengar musik untuk menenangkan jiwa. Kadang kita suka ikut menyanyi dan terbawa suasana dengan musik. Mendengar lagu kesukaan itu selalu memberi dampak baik, kita bahkan sering mengulang lagu kesukaan kita saking sukanya. Benar kan? Dan kita selalu merasa senang karena itu.

10. Tertawa sepuasnya.
Tertawa itu menandakan kita sedang senang. Tertawa sepuasnya sampai sakit perut atau menangis itu menyenangkan dan melegakan, biasanya itu saat kita sedang nonton film komedi atau bercanda dengan teman-teman. Selain menyenangkan tertawa juga baik untuk kesehatanmu. sering-sering tertawa ya....

Nah, itu beberapa hal sederhana yang menyenangkan dalam hidup. Masih banyak sebenarnya,setiap orang punya moment-moment simple yang berarti dan sangat menyenangkan.
Yang jelas, kunci agar selalu bahagia itu adalah dengan bersyukur. Kalau kamu bisa mensyukuri segala sesuatu dalam hidupmu, siap-siap senang sepanjang waktu.

See you....








Related Posts

No comments:

Post a Comment